Tanya pembaca: Buku Nikah Warna Hijau Untuk Siapa?

Buku nikah pegangan istri warna apa?

KOMPAS.com – Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang secara resmi telah menikah maka akan memperoleh dokumen resmi dari negara berupa buku nikah. Buku berwarna merah untuk sang suami sementara buku berwarna hijau diperuntukkan bagi istri.

Isi buku nikah suami istri?

Isi buku nikah: Pasfoto. Tempat dan tanggal pernikahan. Mahar/mas kawin. Janji antara suami dan istri secara Islam yang ditandatangani oleh suami.

Kegunaan buku nikah istri?

Buku itu dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai dokumen resmi dan sah di mata hukum serta agama bahwa pasangan suami istri sudah menikah.

Buku nikah untuk apa saja?

Buku nikah adalah catatan pernikahan yang diberikan kepada pasangan pengantin yang melakukan pernikahan melalui Kantor Urusan Agama (KUA), dan diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kemudian, ada juga yang disebut Akta nikah.

Apakah nomor akta nikah suami dan istri sama?

Letak nomor akta nikah pada buku Sampean bisa melihatnya pada buku nikah baik yang berwarna merah marun kecoklat-coklatan (buku untuk suami ) maupun pada buku yang berwarna hijau tua (buku nikah untuk istri ). Isi kedua buku ini identik sama dan sepertinya hanyalah warnanya saja yang berbeda.

You might be interested:  Sebutkan Perangkat Yang Dapat Membuka Berkas Buku Digital Jelaskan?

Bila buku nikah rusak?

Buku nikah yang rusak atau hilang bisa diterbitkan duplikat buku nikah secara gratis. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 39 Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20/2019 tentang Pencatatan Pernikahan. Jika buku nikah rusak, datang ke KUA dengan membawa buku nikah yang rusak, KTP, dan pas foto ukuran 2×3 latar biru.

Perbedaan isi buku nikah suami dan istri?

Perbedaan Bentuk Warna buku nikah untuk suami yaitu cokelat, sementara buku nikah istri berwarna hijau. Di halaman pertama, terdapat foto dari pasangan sah suami dan istri.

Buku nikah ada berapa lembar?

Buku nikah memiliki 4 lembar isi di dalamnya yang memuat data pengantin suami istri, dan pada halaman paling akhir nantinya akan di robek sebagai tanda bukti terima buku nikah sehingga jumlah lembaran pada buku ini pada saat diterima mempelai adalah buku dengan isi 3 lembar.

Janji nikah di buku nikah?

“Sesudah akad nikah saya (pengantin laki-laki) berjanji dengan sesungguh hati, bahwa saya akan mempergauli isteri saya bernama (pengantin perempuan) dengan baik (mu’asyarah bil ma’ruf) menurut ajaran Islam.

Perbedaan buku nikah dan duplikat buku nikah?

Duplikat adalah pengganti buku nikah asli, sehingga tak boleh ada buku ganda. Bentuk duplikat buku nikah juga memiliki kesamaan dengan buku nikah asli dan bukan hanya berwujud selembar kertas. Perbedaannya, hanya terletak adanya keterangan “ duplikat ”.

Apa yang dimaksud dengan buku nikah?

RumahCom – Buku nikah adalah dokumen resmi berupa kutipan dari akta nikah yang menjadi bukti hukum adanya perkawinan. Oleh karenanya, buku nikah hanya diberikan kepada pasangan yang telah resmi menikah dan tercatat secara administratif di negara.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Tutup Buku?

Persyaratan Menikah 2020?

LampiranSyarat Nikah:

  • Fotokopi KTP, Akte Kelahiran & C1 (Kartu KK) caten.
  • Fotokopi Kartu Imunisasi TT Pas Photo latar biru ukuran 2 X 3 masing-masing caten 5 lbr.
  • Akta Cerai dari PA bagi janda/ duda cerai.
  • Dispensasi PA bila usia kurang dari 16 pi dan 19 pa.
  • Izin atasan bagi anggota TNI/ POLRI.

Daftar nikah berapa hari sebelum hari H?

Untuk pendaftaran menikah di KUA sebaiknya didaftarkan paling lambat 10 hari sebelum tanggal nikah. Apabila kurang dari 10 hari kerja, maka KUA biasanya akan meminta calon mempelai untuk menyertakan surat dispensasi yang dikeluarkan kantor kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *