Tanya pembaca: Buku Ibnu Sina Yang Terkenal Adalah?

Apa nama buku Ibnu Sina yang terkenal di dunia?

Bukunya yang berjudul Al-Qanun fi At-Thibb atau The Canon of Medicine ( Kitab Pengobatan), menjadi buku rujukan utama dunia kedokteran Eropa hingga pertengahan abad ke XVII. Melansir Britannica, Ibnu Sina atau yang dikenal sebagai Avicenna di Barat, lahir pada 980 Masehi di Bukhara, Iran (sekarang Uzbekistan).

Siapakah Ibnu Sina sebutkan buku yang terkenal yang ditulis oleh Ibnu Sina?

Jawaban: Ibnu sina, nama lengkapnya Abu Ali Al-Husein Ibnu Abdullah Ibnu Sina. Beliau menulis lebih dari 200 buku dan diantara karyanya yang terkenal berjudul Al Qanun Fi At Tib, yaitu ensiklopedi tentang ilmu kedokteran dan Al-Syifa’ ensiklopedi tentang filsafat dan ilmu pengetahuan.

Apa karya Ibnu Sina yang terkenal sampai sekarang?

Karyanya yang paling terkenal adalah Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran (Al-Qanun fi At Tibb).

Apakah nama buku karya dari Ibnu Sina di bidang kedokteran?

Dalam buku Asy-Syifa ini, Ibnu Sina juga menuliskan tentang masalah penyakit dan pengobatan sekaligus obat yang dibutuhkan berkaitan dengan penyakit bersangkutan. Sama seperti Qanun fi Thib, kitab Asy-Syifa ini juga dikenal dalam dunia kedokteran sebagai Ensiklopedia filosofi dunia kedokteran.

You might be interested:  Tanya pembaca: Buku How To Make Money In Stock?

Siapakah tokoh yang terkenal sebagai Bapak Kedokteran Dunia?

Liputan6.com, Jakarta Fakta Ibnu Sina atau yang juga dikenal dengan Avicenna, mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Ibnu Sina merupakan salah satu tokoh muslim yang memiliki julukan Bapak Kedokteran Dunia dan Bapak Kedokteran Modern.

Mengapa ilmuwan Barat menyebut Ibnu Sina sebagai rajanya para dokter?

Penulis-penulis barat telah menganggap Ibnu Sina sebagai “Father of Doctor” kerana beliau telah menggabungkan teori perobatan Yunani Hipocrates dan Galen dan pengalaman dari ahli-ahli perubatan dari India dan Parsi serta pengalaman beliau sendiri.

Ada berapakah judul karya buku yang dibuat oleh Ibnu Sina?

Karya – karya Ibnu Sina, yang terkenal antara lain antara lain: Kitab Qanun fi Al Thib (Canon of Medicine), Kitab Ash-Shifa’, Kitab An-Najat, Kitab fi Aqsami al-‘Ulumi al-‘Aqliyyah, Kitab Lisanu al-‘Arab, dan Kitab Al-Isharat wa al-Tanbihat.

Apa hasil karya tulis dari seorang pakar Ibnu Sina?

Al-Qanun (Aturan) 10 jilid. Al-Syifa’ (Penyembuhan atau Pengobatan) 8 jilid. Al-Isyarat (Petunjuk) 1 jilid. AL-Majmu’ (Himpunan) 1 jilid.

Dimana Ibnu Sina lahir?

Karya IBNU SINA yang paling terkenal berjudul AL-QANUN FI AT-TIBB. Bangsa barat menyebut kitab ini sebagai Canon of Medicine yang jika diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia adalah Aturan Pengobatan. Buku ini menjadi rujukan dalam mempelajari dunia kedokteran bahkan sampai sekarang.

Di usia berapa dan kapan Ibnu Sina wafat?

Dokter Muslim pertama yang menulis buku adalah Ali at-Tabari. Dia adalah dokter Suriah yang masuk Islam pada tahun 855 dan merupakan dokter pribadi Khalifah al-Mutawakkil. Dia menulis buku kedokteran pertama dalam bahasa Arab, yaitu Firdaus al-Hikmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *