Sering ditanyakan: Yang Termasuk Buku Besar Pembantu Adalah?

Berapa jenis buku besar pembantu sebutkan?

Buku besar pembantu dibagi lagi menjadi dua jenis:

  • Buku Besar Pembantu Piutang Usaha.
  • Buku Besar Pembantu Utang.

Apa saja yang termasuk buku besar utama?

Buku besar utama merupakan perkiraan-perkiraan dalam suatu periode akuntansi tertentu, misalnya kas, piutang usaha, modal, hingga persediaan utang.

Apa Perbedaan buku besar utama dan buku besar pembantu?

Buku besar utama (general ledger) adalah kumpulan akun-akun yang sejenis yang telah dicatat dalam jurnal khusus maupun jurnal umum. Buku besar pembantu (subsidiary ledger) adalah buku besar yang berisi rincian dari akun tertentu yang terdapat dalam buku besar utama.

Apa sajakah yang diperlukan untuk membuat buku besar pembantu piutang?

Perbedaannya hanya terletak pada objeknya saja. Pada buku besar pembantu piutang dibutuhkan bukti-bukti berupa faktur penjualan, bukti penerimaan kas untuk bukti penerimaan tagihan atau piutang, dan nota debit atau kredit. Berikut ini, akan dibahas secara bertahap cara menyajikan buku besar pembantu piutang.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Buku Nikah Untuk Suami Warna Apa?

Apa yang dimaksud dengan Account Receivable?

Dalam bahasa akuntansi, account receivable adalah piutang. Istilah ini lazim dipakai dalam berbisnis. Biasanya, pelanggan membeli sejumlah barang dengan pembayaran kredit alias dibayar belakangan. Setelah barang dan jasa diterima pelanggan, penjual akan memberikan invoice yang baru akan dibayar beberapa waktu kemudian.

Mengapa akun piutang usaha dan utang usaha memerlukan buku besar pembantu?

Buku besar pembantu ini berfungsi untuk mencatat rincian piutang perusahaan kepada masing-masing langganan (debitur). Buku besar pembantu piutang usaha adalah buku besar akuntansi yang menunjukkan sejarah transaksi dan pembayaran setiap pelanggan kepada siapa bisnis itu meluas kredit.

Selain membuat buku besar utama perusahaan dagang perlu menyusun buku besar pembantu apa fungsi penyusunan buku besar pembantu?

Jawaban: Buku besar pembantu adalah buku besar yang digunakan untuk mencatat akun tertentu dan perubahan-perubahannya secara lebih rinci. Dengan demikian akun buku besar berfungsi sebagai akun kontrol sedang akun yang ada dalam buku pembantu merupakan rincian dari akun buku besar tertentu.

Kenapa setelah ada buku besar dalam akun tertentu masih diperlukan buku besar pembantu?

Dalam sistem akuntansi terutama untuk pembuatan laporan keuangan secara manual, buku besar pembantu merupakan langkah yang harus dilalui setelah pembuatan buku besar umum. Hal ini dikarenakan semua transaksi pada periode tersebut bisa langsung dilihat di buku besar.

Apakah kegunaan masing masing dari buku besar utama dan buku besar pembantu?

Fungsi buku besar utama adalah mengendalikan buku besar pembantu, artinya jumlah saldo dari akun yang terdapat dalam buku besar pembatu harus sama dengan saldo akun di dalam buku besar utama. Sedangkan fungsi buku besar pembantu adalah merinci suatu akun yang terdapat dalam buku besar utama.

You might be interested:  Tanya pembaca: Penomoran Halaman Buku Yang Benar?

Apakah yang dimaksud dengan buku besar dan buku besar pembantu dan apa fungsinya kedua buku besar tersebut?

Istilah buku besar pembantu adalah subsidiary ledger yang di mana pencatatannya setelah buku besar umum, dan berguna untuk mencatat lebih detail serta spesifik mengenai transaksi tertentu dari buku besar sebelumnya. Dalam jenis buku besar ini, memiliki suatu transaksi yang dikelompokkan menjadi satu kategori yang sama.

Apa perbedaan antara General Ledger dan subsidiary ledger?

General ledger biasanya digunakan sebagai akun master dari suatu transaksi pembukuan. Sedangkan subsidiary ledger lebih berfungsi sebagai akun perantara yang terhubung kedalam general ledger itu sendiri. Subsidiary ledger yang berbeda – beda akan digabungkan untuk dimasukkan kedalam general ledger itu sendiri.

Kapan buku besar pembantu di buat?

Sesuai dengan prosedurnya, buku pembantu dibuat setelah tersedianya buku besar. Sedangkan buku besar pembantu merupakan cabang dari buku besar yang berisi rincian rekening tertentu dan informasi lain yang diperlukan selain informasi yang terdapat pada buku besar utama.

Dari mana sumber pencatatan buku besar pembantu piutang dan utang?

Untuk sumber data pencatatan dalam buku pembantu utang tersebut berasal dari: Faktur pembelian. Bukti pengeluaran. Nota debet/kredit ini digunakan sebagai bukti pengembalian barang (retur pembelian) yang dibeli dengan cara pembayaran kredit.

4 Apa yang dimaksud dengan buku pembantu piutang?

Buku pembantu piutang merupakan buku rincian dari jumlah yang terdapat dalam buku besar utama piutang dagang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *