Pertanyaan: Mengapa Buku Teks Perlu Dianalisis?

Berapa kriteria yang disusun Greene dan Petty untuk menilai buku teks?

Kualitas buku teks yang dideskripsikan mencakup tujuh komponen penting, yakni petunjuk pembelajaran, deskripsi kompetensi, tujuan pembelajaran, isi (materi) pembelajaran, ilustrasi, latihan, dan rangkuman dengan dengan mengacu pada sepuluh kriteria yang dikemukakan oleh Greene and Petty (2007, pp. 67-91).

Apa yang dimaksud dengan buku teks jelaskan?

Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang diperlengkapi dengan sarana- sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan

Mengapa guru harus mampu menelaah buku teks?

Dengan buku teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur, sebab guru sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas. Dengan membaca buku teks, siswa akan dapat terdorong untuk berpikir dan berbuat yang positif, misalnya memecahkan masalah yang dilontarkan dalam buku teks.

You might be interested:  Buku 13 Reasons Why?

Mengapa dalam menyusun buku teks dapat menunjang program pengajaran?

Pertama, buku teks dapat memenuhi kebutuhan dua pihak yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar, yakni pendidik dan peserta didik. Buku teks akan memberikan keuntungan secara material bagi mereka yang memperdagangkan substansi pembelajaran tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan di kelas.

Kriteria apa saja berdasarkan BSNP agar buku dikatakan baik?

Kelayakan isi

  • Kesesuaian materi dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
  • Kesesuaian materi dengan kurikulum.
  • Keakuratan materi.
  • Kemutakhiran materi.
  • Mendorong keingintahuan.
  • Substansi keilmuan dan life skill.
  • Pengayaan.
  • Keberagaman nilai.

Apa perbedaan buku teks dan buku ajar?

Buku teks merupakan buku pada bidang studi tertentu yang ditujukan untuk peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu sesuai kurikulum yang berlaku. Sedangkan buku ajar adalah buku penunjang kelengkapan proses pembelajaran yang ruang lingkupnya dibatasi oleh kurikulum dan silabus.

Apa yang dimaksud dengan indikator buku teks?

Indikator atau ciri penanda buku teks sebagai berikut: 1. Buku teks merupakan buku sekolah yang ditunjukan bagi siswa pada jenjang pendidikan tertentu. 2. Buku teks berisi bahan yang terseleksi. 3. Buku teks biasanya disusun oleh para-pakar di bidangnya. 5. Buku teks biasanya dilengkapi dengan sarana pembelajaran.

Apa yang dimaksud buku paket?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti buku paket adalah buku cetak yang menjadi acuan mata pelajaran tertentu di sekolah.

Buku fungsinya untuk apa?

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

You might be interested:  Tanya pembaca: Struktur Buku Yang Baik?

Mengapa guru dan siswa membutuhkan buku kerja?

Seorang guru membutuhkan Buku Kerja Guru sebagai panduan pelaksanaan tugas mengajar/mendidik. Buku kerja tersebut menjadi perangkat administrasi wajib berisi instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Hingga saat ini, sekolah-sekolah di Indonesia masih menerapkan Kurikulum 2013 edisi revisi.

Apakah seorang guru harus membuat bahan ajar sendiri?

Terdapat sejumlah alasan, mengapa guru perlu untuk mengembangkan bahan ajar, yakni antara lain; ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Dalam hal ini, guru dituntut untuk mempunyai kemampuan mengembangkan bahan ajar sendiri.

Jelaskan langkah langkah pengelolaan buku teks?

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kurikulum. Salah satu kriteria bahan ajar yang baik adalah kesesuaiannya dengan kurikulum yang berlaku.
  2. Menentukan judul buku.
  3. Merancang outline buku.
  4. Mengumpulkan referensi sebagai bahan penulisan.
  5. Mengevaluasi atau mengedit hasil tulisan dengan membaca ulang.

Apakah buku buku yang dijual dipasaran merupakan bahan ajar?

sistematis untuk keperluan suatu proses pembelajaran walaupun dijual di pasaran bebas maka dapat dikatakan bahwa buku dan program-program tersebut adalah bahan ajar. Namun, apabila tidak maka tidak dapat disebut bahan ajar walaupun buku dan program-program tersebut berisi materi pelajaran.

Siapa yang menulis buku teks?

Buku teks disusun oleh penulis sebagai materi pembelajaran. Sifat buku teks diperuntukan untuk buku pegangan wajib di kelas. Penyusunan buku teks disusun tidak sembarangan. Karena selama proses menyusun buku teks ini melalui tahap penilaian yang objektif, demi memperoleh mutu isi, metode pelajaran, bahasan.

Mengapa siswa perlu buku pendamping?

Buku pendamping itu penting supaya siswa tidak hanya terlatih aspek kognitifnya saja. Buku yang dibagikan itu berupa buku pendamping untuk beberapa mata pelajaran utama di sekolah. Ada pula buku cerita untuk melatih imajinasi anak. Hal ini berguna untuk menunjang proses belajar di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *