Pertanyaan: Contoh Footnote Dari Sumber Yang Berasal Dari Buku?

Bagaimana cara menulis footnote dari buku?

2. Cara Membuat Footnote Dari Buku Jika Anda membuat footnote yang bersumber dari buku, maka dapat ditulis dengan format berikut ini: Nama Pengarang, Judul Buku (Kota Terbit: Penerbit, Tahun Terbit), hlm. Nomor Halaman. Selain format di atas, terdapat beberapa singkatan yang juga dipakai dalam penulisan footnote.

Apa itu footnote dan contohnya?

Sedangkan, catatan kaki ( footnote ) adalah suatu catatan dari teks yang dikutip yang biasanya diletakkan di bawah karangan. Terdapat fungsi lain dari catatan kaki yaitu catatan kaki berfungsi sebagai petunjuk dan keterangan untuk memberikan lampiran terkait dengan pernyataan, data maupun fakta-fakta tertentu.

Apa yang ditulis di footnote?

Footnote lengkap menuliskan mengenai informasi sumber secara lengkap yang terdiri dari nama pengarang, judul buku, nama, nama penerbit, tahun terbit serta nomor halaman. Pada bagian ini informasi dituliskan secara lengkap pada bagian bawah lembar yang dijelaskan.

Bagaimana Cara Menulis catatan kaki?

Aturan penulisan catatan kaki

  1. Urutannya: Nama pengarang, judul buku, nama penerbit, kota terbit, tahun terbit, dan nomor halaman.
  2. Nama pengarang ditulis lengkap, tidak boleh dibalik, dan tanpa gelar akademik.
  3. Judul buku, masing-masing kata ditulis dengan huruf kapital, dicetak miring, digaris bawah, atau dicetak tebal.
You might be interested:  Pertanyaan: Buku Yang Bagus Untuk Dibaca Remaja?

Bagaimana cara menulis ibid?

Ibid diketik atau ditulis dengan huruf kapital pada awal kata, dicetak miring, dan diakhiri titik. Apabila referensi berikutnya berasal dari jilid atau halaman lain, urutan penulisan: Ibid, koma, jilid, halaman.

Cara penulisan daftar pustaka apa?

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal: APA style Format cara penulisan daftar pustaka APA Style secara umum adalah: Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul jurnal, volume (edisi jika ada), nomor halaman DOI (jika ada).

Apa itu footnote dalam makalah?

Isi dari catatan kaki ( footnote ) yaitu menyatakan sumber kutipan, pendapat, atau keterangan penyusunan mengenai hal yang diuraikan dalam teks. Bentuk dari catatan kaki ini sendiri yaitu dapat berupa buku rujukan atau sekedar keterangan tambahan pada bagian akhir sebuah karya tulis.

Kapan catatan kaki harus digunakan?

Catatan kaki juga digunakan sebagai keterangan tambahan untuk informasi, istilah, atau nama-nama tertentu. Manfaat penggunaan catatan kaki di dalam karya ilmiah yaitu dapat diadakannya penelusuran menyeluruh semua sumber rujukan oleh pembaca. Catatan kaki merupakan wujud informasi terperinci dari daftar pustaka.

Berapa ukuran tulisan footnote?

Catatan kaki diketik dengan jarak spasi satu. Diberi nomor, sesuai dengan footnote simbol di kalimat atas. Menggunakan font Times New Roman ukuran 10.

Bagaimana cara penulisan catatan kaki yang bersumber dari artikel jurnal?

Sebelum membahas cara buat footnote dari jurnal, ada baiknya kamu mencari tahu unsur apa saja yang harus ada di dalam footnote untuk jurnal.

  1. Nama Pengarang.
  2. 2. Judul Artikel dari Jurnal yang Dipakai.
  3. 3. Nama Jurnal.
  4. 4. Volume & Nomor Jurnal.
  5. Bulan dan Tahun Penerbitan.
  6. 6. Nomor Halaman.
  7. 7. Tanda Titik.
You might be interested:  Jawaban Cepat: Buku Who Move My Cheese?

Apa itu body note dan contohnya?

Bodynote (catatan tubuh), yaitu catatan khusus yang diletakkan tepat setelah akhir sebuah kutipan yang hendak diberi catatan dan biasanya di tandai dengan tanda kurung. Adapun cara penulisan bodynote adalah sebagai berikut: Catatan tubuh menyatu dengan naskah, hanya ditandai dengan kurung buka dan kurung tutup.

Format apa adalah?

Banyak organisasi menggunakan format APA (American Psychological Association) untuk mengutip referensi, terutama dalam bidang ilmiah. Format ini mengedepankan kesetaraan sehingga menjadikan inisial pengganti nama depan penulis teks sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *