Pertanyaan: Buku Yang Membahas Skala Likert?

skala Likert termasuk jenis skala apa?

Pandangan Likert Termasuk Kategori Ordinal. Untuk menjelaskan skala likert sebagai skala ordinal, maka kita perlu melihat definisi dari skala ordinal terlebih dahulu. Skala ordinal adalah skala yang sudah memiliki tingkatan namun jarak antar tingkatan belum pasti (Suliyanto, 2006).

Kapan menggunakan skala Likert?

Skala Likert digunakan untuk mengukur kesetujuan dan ketidaksetujuan seseorang terhadap sesuatu rencana program, pelaksanaan program ataupun tingkat keberhasilan suatu program.

Apa itu skala Likert dan contohnya?

Skala Likert merupakan metode skala bipolar yang mengukur baik tanggapan positif ataupun negatif terhadap suatu pernyataan. Empat skala pilihan juga kadang digunakan untuk kuesioner skala Likert yang memaksa orang memilih salah satu kutub karena pilihan “netral” tidak tersedia.

Mengapa menggunakan skala Likert 1 7?

Skala likert merupakan alat untuk mengukur subjek kedalam 5 point atau 7 poin skala dengan interval yang sama. (Jogiyanto, 2014). Penelitian ini menggunakan skala likert 7 poin. Skala likert 7 poin dapat meminimalisir kesalahan pengukuran dan lebih presisi.

Apa itu skala Likert menurut Sugiyono?

Menurut Sugiyono (2012:93) skala Likert yaitu skala yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Untuk setiap pilihan jawaban diberi skor, maka responden harus menggambarkan, mendukung pernyataan (positif) atau tidak mendukung pernyataan (negatif).

You might be interested:  Sering ditanyakan: Cara Penulisan Judul Buku Yang Benar?

Kenapa skala Likert sering digunakan?

Ada tiga alasan peneliti menggunakan skala Likert. Alasan pertama adalah karena memudahkan responden untuk menjawab kuisioner apakah setuju atau tidak setuju (Malhotra, 2012: 308). Alasan kedua adalah mudah digunakan dan mudah dipahami oleh responden (McDaniel dan Gates, 2013: 307).

Bagaimana penggunaan skala Likert?

Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam penelitian ini skala Likert digunakan untuk mengukur sikap dan persepsi masyarakat tentang mata pencaharian yang sedang dilakukan saat ini.

Apakah skala Likert harus 5?

Satu hal yang perlu diperhatikan, rentang skala likert harus memiliki nilai yang tepat kebalikan dengan nilai yang lain. Dan seterusnya, kita bisa membuatnya menjadi 4, 5, 6, atau bahkan 7 pilihan. Dengan kondisi setiap arti dari skala tersebut memiliki arti yang saling bertolak belakang dengan skala yang lain.

Mengapa menggunakan skala Likert 1 5?

Menurut Hertanto (2017), Kelebihan instrumen kuesioner yang menggunakan skala Likert dengan lima skala adalah kuesioner tersebut mampu mengakomodir jawaban responden yang bersifat netral atau ragu-ragu.

Apa itu skala Guttman dan contohnya?

Guttman. Merupakan skala yang akan memberikan jawaban tegas seperti ‘ya – tidak’, ‘benar – salah’, ‘pernah – tidak pernah’, dan lain sebagainya. Skala ini akan selalu memberikan nilai 1 pada setiap jawaban yang terpilih, dan memberikan nilai 0 pada setiap jawaban yang tidak terpilih.

Apa itu skala Likert menurut para ahli?

Menurut Sugiyono (2014: 132) pengertian Skala Likert adalah sebagai berikut: “ Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial.” Dengan skala likert, maka variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel.

You might be interested:  Siapa Saja Biasanya Yang Membuat Buku Nonfiksi Jelaskan Disertai Contoh?

Uraikan cara membuat skala Likert serta langkah langkahnya?

Langkah – langkah dalam Membuat Skala Likert

  1. Kumpulkan pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan sikap yang akan diukur.
  2. Berikan pernyataan-pernyataan tersebut kepada sekelompok responden yang anda jadikan sampel penelitian anda.
  3. Responden diminta untuk mengisi setiap pilihan pernyataan yang disetujui atau tidak disetujui.

Mengapa skala likert dalam pengumpulan data sebagian besar mempunyai pilihan jawaban berjumlah ganjil?

Adapun alasan peneliti menggunakan respon pilihan ganjil karena peneliti berpedoman bahwa skala likert sebaiknya memiliki pilihan jawaban ragu-ragu atau netral. Menurut Suliyanto (2011) jawaban dari skala likert dibuat ganjil dan memuat pilihan jawaban netral atau ragu-ragu.

Mengapa menggunakan skala ordinal?

Skala ordinal sangat berguna karena mempunyai tingkatan dalam mengukur tingkat loyalitas, hubungan, kepuasan, motivasi, kualitas produk atau jasa, keberhasilan, nilai tambah dan lainnya. Sebagai contoh, dalam penelitian atau survai manajemen dan bisnis sering digunakan pemeringkatan jawaban pada pertanyaan kusioner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *