Penulisan Footnote Yang Benar Dari Buku?

Bagaimana cara menulis footnote dari buku?

2. Cara Membuat Footnote Dari Buku Jika Anda membuat footnote yang bersumber dari buku, maka dapat ditulis dengan format berikut ini: Nama Pengarang, Judul Buku (Kota Terbit: Penerbit, Tahun Terbit), hlm. Nomor Halaman. Selain format di atas, terdapat beberapa singkatan yang juga dipakai dalam penulisan footnote.

Penulisan catatan kaki itu dimana?

Biasanya footnote ( catatan kaki ) muncul di bagian bawah halaman dan endnote ( catatan akhir) datang di akhir dokumen atau section. Kalimat yang bersumber pada catatan penting atau kata yang membutuhkan tambahan penjelasan biasanya harus disertai dengan footnote.

Apa itu footnote dan contohnya?

Sedangkan, catatan kaki ( footnote ) adalah suatu catatan dari teks yang dikutip yang biasanya diletakkan di bawah karangan. Terdapat fungsi lain dari catatan kaki yaitu catatan kaki berfungsi sebagai petunjuk dan keterangan untuk memberikan lampiran terkait dengan pernyataan, data maupun fakta-fakta tertentu.

Apakah penulisan footnote menggunakan gelar?

Jika catatan kaki terdiri lebih dari dua baris, baris kedua dan selanjutnya dimulai di garis margin atau tepi teks biasa. Nama pengarang ditulis menurut urutan nama aslinya. Pangkat atau gelar seperti Prof., Dr., Ir., dan sebagainya tidak perlu dicantumkan.

You might be interested:  Pertanyaan: Yang Termasuk Buku Referensi Perpustakaan?

Bagaimana cara mengambil catatan kaki?

Aturan penulisan catatan kaki

  1. Urutannya: Nama pengarang, judul buku, nama penerbit, kota terbit, tahun terbit, dan nomor halaman.
  2. Nama pengarang ditulis lengkap, tidak boleh dibalik, dan tanpa gelar akademik.
  3. Judul buku, masing-masing kata ditulis dengan huruf kapital, dicetak miring, digaris bawah, atau dicetak tebal.

Bagaimana cara menulis ibid?

Ibid diketik atau ditulis dengan huruf kapital pada awal kata, dicetak miring, dan diakhiri titik. Apabila referensi berikutnya berasal dari jilid atau halaman lain, urutan penulisan: Ibid, koma, jilid, halaman.

Bagaimana cara membuat catatan kaki pada makalah?

Berikut cara membuat footnote atau catatan kaki di Microsoft Word:

  1. Letakkan kursor di belakang kata atau kalimat yang ingin ditambahkan footnote atau catatan kaki.
  2. Klik menu References > AB1 Footnote.
  3. Setelah melakukan klik pada AB1 Footnote, maka Anda bisa langsung mengisi footnote di bagian bawah dokumen.

Apakah catatan kaki sama dengan daftar pustaka?

Daftar pustaka ditulis di bagian belakang karangan, sedangkan catatan kaki terletak di bagian paling bawah suatu halaman atau karangan. Daftar pustaka hanya terdapat pada karya ilmiah seperti makalah jurnal dan lain sebagainya, sedangkan catatan kaki ada di karya non ilmiah seperti esai, novel, dan cerpen.

Bagaimana cara penulisan catatan kaki yang bersumber dari artikel jurnal?

Sebelum membahas cara buat footnote dari jurnal, ada baiknya kamu mencari tahu unsur apa saja yang harus ada di dalam footnote untuk jurnal.

  1. Nama Pengarang.
  2. 2. Judul Artikel dari Jurnal yang Dipakai.
  3. 3. Nama Jurnal.
  4. 4. Volume & Nomor Jurnal.
  5. Bulan dan Tahun Penerbitan.
  6. 6. Nomor Halaman.
  7. 7. Tanda Titik.

Apa yang ditulis di footnote?

Footnote lengkap menuliskan mengenai informasi sumber secara lengkap yang terdiri dari nama pengarang, judul buku, nama, nama penerbit, tahun terbit serta nomor halaman. Pada bagian ini informasi dituliskan secara lengkap pada bagian bawah lembar yang dijelaskan.

You might be interested:  FAQ: Cara Menulis Footnote Dari Buku Yang Sama?

Apa itu footnote dalam makalah?

Isi dari catatan kaki ( footnote ) yaitu menyatakan sumber kutipan, pendapat, atau keterangan penyusunan mengenai hal yang diuraikan dalam teks. Bentuk dari catatan kaki ini sendiri yaitu dapat berupa buku rujukan atau sekedar keterangan tambahan pada bagian akhir sebuah karya tulis.

Kapan catatan kaki harus digunakan?

Catatan kaki juga digunakan sebagai keterangan tambahan untuk informasi, istilah, atau nama-nama tertentu. Manfaat penggunaan catatan kaki di dalam karya ilmiah yaitu dapat diadakannya penelusuran menyeluruh semua sumber rujukan oleh pembaca. Catatan kaki merupakan wujud informasi terperinci dari daftar pustaka.

Kenapa nama pengarang dalam daftar pustaka harus di balik?

Penulisan nama pengarang yang dibalik karena mengikuti kebiasaan di barat, yang menggunakan nama belakang ( nama marga/keluarga) untuk mengidentifikasi seseorang secara formal. Bahkan tidak jarang nama depannya diabaikan, atau cuma berupa inisial/singkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *