Pengertian Buku Kia Menurut Who?

Apakah yang dimaksud dengan Buku KIA?

Buku KIA tersedia di Puskesmas, Poskesdes, bidan praktik, rumah bersalin dan rumah sakit. Buku Kesehatan Ibu dan anak ( Buku KIA ) berisi informasi kesehatan untuk ibu, sejak masa hamil, saat melahirkan, masa nifas dan berlanjut untuk mencatat kesehatan bayi baru lahir sampai anak berusia 6 tahun.

Bagaimana cara mendapatkan buku KIA?

Buku KIA dapat diperoleh pada Polindes, Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas, rumah sakit, tempat praktik bidan, dokter, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis anak serta sarana pelayanan kesehatan lainnya milik Pemerintah atau Swasta.

Apa saja yang ada di dalam Buku KIA?

Apa saja isi buku kesehatan ibu dan anak yang baru?

  • Lembar pernyataan ibu/keluarga tentang pelayanan kesehatan ibu yang sudah diterima, mulai dari hamil trimester pertama, saat bersalin, nifas, hingga bayi berusia 28 hari (neonatus)
  • Lembar pengawasan dokter pada ibu hamil yang mengonsumsi tablet tambah darah (TTD)

Kapan ibu hamil dapat Buku KIA?

Direktur Kesehatan Keluarga dr. Eni Gustina, MPH, menjelaskan, kepemilikan buku KIA ini seharusnya sejak di masa-masa awal kehamilan atau pertama kali mengecek kehamilan di rumah sakit atau bidan. “Jadi misalnya, calon ibu telat delapan hari, kemudian datang ke bidan atau ke dokter dan ternyata saat cek, positif hamil.

Siapa yang mengisi buku KIA?

V. CARA MENGISI BUKU KIA 1. Pengisian Umum: a. Diisi oleh Tenaga Kesehatan. Tenaga kesehatan mengisi data tentang: 1. Identitas ibu, anak dan suami. Identitas anak diisi sesudah lahir.

You might be interested:  FAQ: Apa Yang Dimaksud Dengan Buku?

Apa tujuan dari pengisian buku KIA?

Tujuan pengisian catatan kesehatan ibu hamil pada buku KIA secara umum adalah sebagai alat komunikasi antar petugas kesehatan dengan petugas kesehatan lain, antar petugas kesehatan dengan ibu hamil, antar petugas kesehatan dengan keluarga/masyarakat.

Perlukah buku KIA?

Buku KIA berisi informasi penting mengenai kesehatan ibu dan anak yang perlu dilakukan oleh ibu, suami dan keluarganya secara singkat dan padat, termasuk mengenai kewaspadaan keluarga dan masyarakat akan kesakitan dan masalah kegawatdaruratan pada ibu hamil, bayi baru lahir dan balita, sehingga pada akhirnya buku KIA

Apa itu letak janin PU ka?

Mengenai pertanyaan anda, dari hasil pemeriksaan tersebut letak janin dikatakan puka atau puki itu mengartikan letak punggung janin berada di sisi kanan/kiri ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *