Jawaban Cepat: Apa Perbedaan Kolom Ref Pada Jurnal Dan Buku Besar?

Apa perbedaan fungsi kolom Ref pada jurnal dan buku besar?

Kolom referensi pada jurnal umum digunakan untuk mencatat nomor akun ketika jurnal diposting ke buku besar. Sedangkan kolom referensi pada buku besar berisi jenis dan halaman jurnal tempat transaksi tersebut dicatat.

Apa itu Ref pada buku besar?

Ref, atau referensi; digunakan untuk mencatat nomor halaman dokumen yang menjadi sumber pencatatan. 7. Saldo, untuk mencatat saldo akhir suatu akun setelah suatu transaksi dicatat dalam akun tersebut.

Kapan ref dalam jurnal umum diisi?

Kolom ref diisi dengan nomor akun atau kode akun yang sesuai dengan nama akun yang ada pada kolom rekening/akun. Pada kolom referensi ini hanya boleh di isi jika telah dilakukan proses pengisian pada buku besar.

Apa yang dimaksud dengan ref?

Arti kata ref. dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia adalah 1 [reference] pedoman, petunjuk, referensi. 2 [refree] wasit.

Apa perbedaan antara akun dan buku besar?

Akun:adalah suatu alatuntuk mencatat transaksi-transaksi keuanganyang bersangkutan dengan aset, kewajiban,ekuitas, pendapatan, dan beban perusahaan. Buku besar: Kumpulan akun – akun yang digunakan untuk meringkas transaksi yang telah dicatat dalam jurnal.

You might be interested:  Pertanyaan: Siapa Penulis Buku?

Referensi di jurnal diisi apa?

Kolom referensi pada buku jurnal diisi dengan nomor akun yang telah diposting ke buku besar. Sedangkan kolom referensi di buku besar diisi dengan nomor halaman jurnal.

Apa saja akun pada buku besar?

Dalam buku besar, akun -akunnya digolongkan dalam akun ril atau real account dan juga nominal account atau akun nominal. Akun ril merupakan akun yang ada pada neraca seperti hutang, aktiva, modal, dan kewajiban. Sedangkan akun nominal merupakan akun yang ada pada laporan laba rugi seperti akun beban dan pendapatan.

Apa yang dimaksud dengan jurnal penyesuaian?

Jurnal Penyesuaian adalah jurnal yang digunakan untuk melakukan proses pencatatan saldo pada akun-akun tertentu dan dapat mencerminkan jumlah yang sebenarnya sebelum berlanjut ke proses penyusunan laporan keuangan.

Apa yang dimaksud posting ke buku besar mengapa perusahaan perlu melakukan posting ke buku besar?

Transaksi harus diposting ke buku besar karena untuk mengetahui pemasukkan ke rekening yang mana. Setiap transaksi yang telah dicatat dalam jurnal akan diposting atau dipindahkan ke Buku Besar secara berkala. Posting adalah pemindahan angka-angka dari jurnal ke dalam rekening buku besar.

Menjelaskan akun apa saja yang termasuk ke dalam jurnal penutup?

Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk menutup akun – akun nominal sementara. Akun yang ditutup adalah akun nominal dan akun pembantu modal. Komponen yang termasuk akun nominal adalah pendapatan dan beban, sedangkan akun pembantu modal adalah prive dan ikhtisar laba/rugi.

Apa tujuan pemakaian kolom referensi disingkat ref dalam jurnal?

Jawaban terverifikasi ahli Fungsi kolom ref adalah untuk diisi pada saat memposting jurnal ke buku besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *