Jawaban Cepat: Apa Itu Buku Kir?

Apa singkatan dari Kir?

Jakarta – KIR berasal dari bahasa Belanda yaitu KEUR, yang berarti uji kendaraan bermotor. Pengujian ini dilakukan oleh Departemen Perhubungan khususnya untuk kendaraan niaga atau angkutan barang. Beberapa jenis kendaraan yang wajib mengikuti uji KIR adalah: Taksi.

Apa yang dimaksud dengan kir kendaraan?

Berasal dari bahasa Belanda Keur, kir adalah proses kegiatan yang dilakukan untuk menguji kelayakan dari kendaran secara teknis. Semua kendaraan yang fungsinya untuk mengangkut penumpang, barang, bahkan keduanya dan plat kuning atau hitam wajib melakukan Kir.

Apa buku kir?

Buku KIR mobil merupakan buku yang berisi hasil pengujian KIR. Dilansir dari situs resmi Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, uji KIR adalah serangkaian pengujian yang bertujuan untuk menguji kelayakan teknis mobil berpenumpang umum, mobil pengangkut barang, kereta gandeng, dan kereta tempelan, sehingga aman untuk

Apa itu kir mobil pick up?

Uji KIR adalah istilah yang menggambarkan serangkaian aktivitas pengecekan kelayakan sebuah mobil. Tentunya mobil yang sering dipakai untuk kepentingan umum harus lolos uji kelayakan agar tidak membahayakan penumpang.

Kalau KIR mati apakah polisi berhak menilang?

POLISI TIDAK BERHAK MENILANG.

Apa guna kir mobil?

Menurut Peraturan No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, KIR mobil adalah serangkaian pemeriksaan yang harus dilakukan guna memastikan jika kendaraan yang beroperasi di jalan sudah sesuai dengan persyaratam, aman, serta layak berkendara di jalan.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Itu Buku Ensiklopedia?

Bagaimana cara mengurus kir mobil?

Cara Pendaftaran KIR Mobil Pick Up 2021

  1. Unduh aplikasi e- KIR di Google Play Store.
  2. Daftarkan diri.
  3. Masukkan nomor uji kendaraan.
  4. Masukkan lokasi dan tanggal untuk uji KIR sesuai keinginan.
  5. Ajukan booking pengajuan KIR.
  6. Simpan bukti pengajuan KIR kendaraan.
  7. Bayar tagihan uji KIR lewat ATM.

Apakah mobil Pribadi Wajib Kir?

Mengikuti KIR atau uji kelayakan kendaraan bermotor adalah salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik mobil pribadi tersebut.

Mobil apa saja yang harus uji KIR?

KIR mobil wajib dilakukan karena tertera dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Beberapa jenis kendaraan yang wajib mengikuti uji KIR adalah:

  • Taksi.
  • Mobil sewa (angkot, mobil rental, taksi online)
  • Mobil dan truk pengangkut barang.
  • Bus.
  • Seluruh jenis truk.
  • Mobil pick-up.

Apakah KIR mobil bisa online?

Mayoritas pendaftaran dan perpanjangan uji Kir masih dilakukan secara offline atau tatap muka di Dinas Perhubungan masing-masing kota/kabupaten. Akan tetapi, pendaftaran dan perpanjangan uji Kir di beberapa kota sudah dapat dilakukan secara online.

Apakah buku kir masih berlaku?

Namun, perlu diketahui bahwa buku KIR mobil saat ini sudah tidak berlaku karena telah digantikan dengan Smart Card atau Kartu Pintar. Hal ini telah disosialisasikan oleh Kementerian Perhubungan RI, bahkan sejak awal tahun 2020. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang pergantian buku KIR ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *