FAQ: Cara Cek Buku Nikah Asli Apa Palsu?

Cara Cek buku nikah secara online?

Cara mengecek buku nikah online Kamu bisa mengakses situs simkah.kemenag.go.id melalui smartphone kesayanganmu untuk melakukan pengecekan status pernikahan seseorang.

Cara membedakan buku nikah asli dan palsu?

Buku nikah yang palsu tidak punya hologram dari Kementerian Agama. Bentuk buku nikah palsu biasanya berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan buku nikah yang asli. Warna dari buku nikah palsu umumnya berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan buku nikah yang asli.

Warna buku nikah palsu?

Lambang garuda di halaman terdepan buku nikah palsu, umumnya berwarna emas namun cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan buku nikah yang asli. Terdapat lembar transparan mengkilat berhologram untuk menutup lembar identitas pasangan pengantin. Buku nikah yang palsu tidak punya hologram dari Kementerian Agama.

Kalau buku nikah hilang?

Buku nikah yang rusak atau hilang bisa diterbitkan duplikat buku nikah secara gratis. Jika buku nikah hilang, datang ke KUA dengan membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian, KTP, dan pas foto ukuran 2×3 latar biru. Duplikat buku nikah diterbitkan hanya untuk buku nikah yang rusak atau hilang.

You might be interested:  Yang Dimaksud Buku Besar Adalah… *?

Cara mengurus akta nikah online?

Berikut ini, tahapan yang dilakukan saat akan mendaftar layanan pencatatan nikah secara online:

  1. Akses: simkah.kemenag.go.id.
  2. Klik daftar nikah.
  3. Pilih nikah di mana: a. Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan. b.
  4. Masukan data calon suami dan calon istri,
  5. Checklis dokumen,
  6. Masukan No HP,
  7. Upload foto,
  8. Cetak bukti pendaftaran.

Surat nikah hilang apakah bisa cerai?

jawabannya bisa, mengajukan perceraian bisa tanpa menggunakan buku nikah, dengan syarat ada dokumen pengganti lain yang resmi dan sah yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang terkait, dalam hal ini pejabat KUA (Kantor Urusan Agama) bagi yang beragama Islam atau Catatan Sipil bagi yang beragama non muslim.

Nomor Akta nikah ada dimana?

letak nomor akta buku nikah berada pada lembar yang sama pada hari tanggal dan jam pencatatan pernikahan serta data suami.

Yang termasuk rukun rukun nikah adalah?

Rukun sah nikah:

  • Mampelai pria dan wanita beragama Islam.
  • Laki-laki bukan mahram bagi calon istri.
  • Wali akad nikah dari perempuan. Dalam hal ini ayah si perempuan.
  • Tidak sedang ihram.
  • Pernikahan tidak atas paksaan.

Perbedaan kartu nikah dan buku nikah?

Buku nikah merupakan dokumen pernikahan yang terbuat dari kertas. Sedangkan kartu nikah dibuat dari bahan serupa e-KTP. Sehingga lebih kuat, tidak mudah rusak, dan mudah dibawa ke mana saja.

Warna buku nikah istri 2020?

Seperti namanya, buku nikah punya bentuk menyerupai buku saku kecil yang tipis dengan cover berbahan karton glossy yang terdapat logo Kementerian Agama RI. Warna buku nikah untuk suami yaitu cokelat, sementara buku nikah istri berwarna hijau.

Perbedaan buku nikah laki laki dan perempuan?

Buku berwarna merah untuk sang suami sementara buku berwarna hijau diperuntukkan bagi istri. Buku nikah merupakan kutipan dari akta nikah sebagai bentuk pembuktian hukum adanya perkawinan.

You might be interested:  Manakah Yang Bukan Termasuk Format File Buku Digital?

Cara mengganti buku nikah yang salah nama?

Jika ada salah tulis di Buku Nikah, KUA dapat mengganti dengan Buku Nikah yang baru. Pemilik Buku Nikah tinggal datang ke KUA dengan membawa sejumlah dokumen. Dikutip dari akun Instagram resmi Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, berikut syarat mendapatkan Buku Nikah yang baru secara gratis di KUA: KTP.

Jika surat nikah orangtua hilang?

Jika Surat Nikah Orang tua hilang, maka Saudari bisa meminta duplikatnya atau Surat Keterangan (yang menerangkan bahwa pernikahan orang tua Saudari telah tercatat di KUA) dari KUA yang menerbitkan.

Cara membuat duplikat buku nikah yang hilang?

1. Penerbitan Duplikat Buku Nikah karena hilang:

  1. Anda harus membuat surat keterangan kehilangan buku nikah dari kepolisian.
  2. Membuat surat permohonan Penerbitan Duplikat Buku Nikah ditandatangi pasangan suami istri pakai materai 6000 (biasanya blanko sudah disediakan di KUA)

Bagaimana jika buku nikah hilang atau rusak?

Kementerian Agama melalui akun Instagramnya menyebutkan bahwa siapapun yang kehilangan atau mengalami kerusakan buku nikah bisa mengajukan permohonan penggantian buku nikah ke Kantor KUA tempat pernikahan dicatatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *