FILM REVIEW : SOMETHING IN THE RAIN

Ceritanya biar move on dari CLOY, coba-coba nengok beberapa film lain, eh kecantol dengan film Something In The Rain (SITR) /Pretty Noona Who Buys Me Food. Ini masih nyambung soalnya, karena pemeran utama ceweknya adalah Son Ye Jin (Yang main sebagai Seri di Cloy). Sekilas menonton trailernya mengingatkan pada film film romcom jaman keemasan Hollywood, macam filmnya Nora Ephron (When Harry Met Sally, Sleepless In Seattle). Sayang sekali Hollywood sudah tobat utk produksi film romance / romcom, menyisakan film film bertema dark humor yang kadang bikin lelah.

Premise film Something In The Rain adalah tentang seorang perempuan usia 30 plus yang menjalin hubungan dengan laki-laki lebih muda, umur 20-an yang tak lain adalah adik dari sahabatnya. Jin-Ah (Son Ye Jin) yang berprofesi sebagai supervisor dari perusahaan kopi waralaba. Ia mengalami setumpuk persoalan pribadi, dari dikejar keluarga untuk cepat nikah, diselingkuhi pacar hingga masalah di kantornya. Sementara Joon-Hee (Jung Hae-in) adalah animator video games yang talentanya cemerlang.

Relasi yang dibangun begitu apik, bagaimana hubungan seperti kakak-adik itu berkembang menjadi hubungan sepasang kekasih. Kisah romansa yang menabrak hal tabu di masyarakat, yang tentu saja mendapat tantangan besar dari orang tua Jin-Ah.

Ini pengalaman kedua saya nonton film genre romcom Korea, dan surprisingly menarik. Film yang disutradai Ahn Pan Seok (setelah diintip, ternyata memang ini sutradara kawakan), ceritanya benar-benar diolah secara detail dengan sinematografi apik, setiap karakternya diberi ruang untuk berkembang. Meski sama-sama menampilkan romantis dan komedi, CLOY lebih enteng dan fun. Sementara SITR membawa cerita yang manis, pahit (bittersweet), realistis, dengan mood lebih gelap dan serius. Thanks to kedua aktor yang bermain dengan chemistry kuat. Di sini saya lihat Son Ye Ji memang aktingnya ok banget, berkarakter. Mengingatkan saya pada Julia Roberts masa muda, sweet and loveable.

Satu hal lagi keseriusan film ini juga pada pemilihan soundtracknya. Film dengan sinematografi puitis, rintik hujan, salju turun, semuanya dibalut dengan musik musik yang memicu eargasm. Ada suara Rachael Yamagata dengan desahan huskynya yg sedikit folky, jazzy, ngeblues membawakan lagu Something In The Rain dan La La La. Juga Carla Bruni yang membawakan lagu jadul dari Tammy Wynette berjudul Stand by Yourman.

Film dan theme song ini dijamin menghanyutkan. Coba deh tonton !

Ini lagu Something In The Rain dari Rachael Yamagata.

 

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *