Waspadalah : Inilah Jenis Pekerjaan Yang Perlahan Bakal Menghilang

Kita tahu saat ini dunia sedang gonjang-ganjing dengan adanya shifting besar-besaran karena teknologi yang disruptive. Tidak terelakkan akan ada beberapa pekerjaan yang perlahan akan menyusut entah itu diefiensikan atau malah pekerjaan itu bakal menghilang dan digantikan sama sekali oleh robot.

Beberapa waktu lalu saya berjumpa dengan seseorang yang menjabat sebagai Country Finance Director di sebuah perusahaan multinasional. Menurutnya, perusahaannya sekarang menerapkan kebijakan organisasi yang efisien dan minimalis. Di divisi keuangan misalnya, hanya dia seorang yang mengisi kantor di Jakarta. Sedangkan bagian akunting dipool semua di India. Adapun bagian HRD, dipool semua di Cina. Kantor di Jakarta hanya mempekerjakan beberapa orang saja. Padahal perusahaan tersebut mengelola aset trilyunan rupiah.

“Basic saya akuntan, tetapi saya tidak mau anak saya mengikuti jejak saya,” kata bapak CFD tersebut. “Akuntan itu satu jenis profesi yang boleh dibilang sekarang menjadi generalis, persaingan orang-orang di dunia memperebutkan pekerjaan itu besar. Coba saja lihat, kantor saya tidak ada akuntan sama sekali. Semua dipool di India, dan mereka menservice semua negara di Asia Pacifik,” jelasnya lagi.

Saya menggangguk-angguk dengan penuh pemikiran di kepala. Saya pandangi Bapak CFD di depan saya itu. Pembicaraan kami sesekali terdistract oleh message yang muncul di laptopnya.

“Saya bisa kerja dari mana saja. Yang penting ada ini dan ini,” katanya sambil menunjuk laptop, telpon genggam dan modem.

Tidak bisa saya bayangkan di ‘dunia yang bisa dilipat’ semua hal kini dikerjakan secara remote, lintas negara. Efektif dan efisien. Cepat atau lambat, beberapa jenis pekerjaan bakal menghilang. Kompetisi bakal semakin ketat.

Saya pun teringat artikel yang saya baca beberapa waktu lalu, tulisan Michael Grothaus, seorang novelis dan penulis freelance yang menuliskan di Fastcompany.

Inilah 10 jenis pekerjaan versi Grothaus yang bakal menghilang dan digantikan oleh robot atau kecanggihan teknologi :

 

  1. INSURANCE UNDERWRITERS AND CLAIMS REPRESENTATIVES

Profesi Insurance Underwriters dan bagian Claim tergantikan oleh sofware yang bisa menganalisa, menerjemahkan semua data termasuk teks, gambar, audio dan video, secara lebih baik dan cepat daripada manusia. Perusahaan asuransi Jepang, Fukoku Mutual Life Insurance baru-baru ini sudah menggantikan staf bagian klaimnya dengan software baru tersebut.

  1. BANK TELLERS AND REPRESENTATIVES

Kemunculan mesin ATM sudah memakan jatah pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Kini dengan hadirnya AI (Artificial Intelligence), sudah menjadi ancaman nyata buat para teller dan staf bank.

  1. FINANCIAL ANALYSTS

Senasib dengan para pekerja bank, para analisis keuangan juga terancam dengan hadirnya AI, karena software canggih bisa membaca, menganalisa trend data historis dan memprediksi pergerakan pasar di masa datang. Diprediksi analisis keuangan bakal ada penurunan hingga 30% dalam 10 tahun mendatang.

  1. CONSTRUCTION WORKERS

Pekerja konstruksi bakal tergantikan oleh robot yang punya kekuatan memindahkan 1200 batu bata sehari, jauh lebih banyak dibandingkan kekuatan manusia yang hanya mampu memindahkan 300 – 500 buah batu bata per hari.

  1. INVENTORY MANAGERS AND STOCKISTS

Para pekerja di bagian inventori supermarket juga bakal senasib dengan pekerja konstruksi. Robotlah yang akan menggantikan pekerjaannya memindahkan, mengangkat stok. Bahkan robot juga akan dilengkap dengan alat pemindai untuk bisa mengecek stok, mencari barang yang hilang, hingga label harga yang salah. Penggantian oleh robot ini disinyalir akan menghemat hingga jutaan dolar karena robot tidak akan cuti, sakit, atau perlu dibayar uang lembur.

  1. FARMERS

Petani, khususnya pada pertanian modern akan mengandalkan kerja dari robot, yang bertugas menyirami, memanen, hingga memeras susu sapi.

  1. TAXI DRIVERS

Teknologi menciptakan taksi yang bisa dijalankan secara otomatis tanpa perlu dioperasikan oleh manusia. Singapura akan menjadi negara pertama yang menjadi uji coba taksi tanpa sopir ini. Tidak kebayang kan para uncle taxi driver di Singapura yang sebentar lagi posisinya bakal diganti.

  1. MANUFACTURING WORKERS

Pekerja bagian manufaktur bakal terkena imbas dari penggunaan robot di pabrik-pabrik. Cina yang notabene negara yang terkenal dengan tenaga kerja murahnya pun kini mulai mengalihkan beberapa fungsi pekerjaan manufaktur oleh robot. Pekerjaan di pabrik iPhone hingga Xbox bakal digantikan oleh robot.

  1. JOURNALISTS

Tidak ada yang menyedihkan dibandingkan profesi jurnalis yang juga digantikan oleh AI. Di masa depan, mungkin saja terjadi bahkan sebuah situs dioperasikan oleh AI bukan lagi oleh para jurnalis atau penulis.

  1. MOVIE STARS

Profesi bintang film pun bakal seret. Kecanggihan teknologi CGI memungkinkan mereka mereka ulang bintang film lama. CGI singkatan dari computer-generated imagery, dimana software khusus berfungsi dalam menciptakan special visual effects. Ini sudah berhasil dilalukan di film Rogue One besutan sutradara Gareth Edwards.

Jadi gimana ? Sudah siapkan kita menyikapi berbagai perubahan jaman ini?

*sumber foto : pixabay

Simak video ini, bagaimana pabrik di Cina sudah menggunakan robot.

Share this :

4 comments

  1. mewaspadai hilangnya satu kenyamanan
    biar ga ilang belajar satu set of skill baru yang bisa menopang keahlian yang sudah ada

    1. Yup betul. Secanggih canggihnya robot, tetap tenaga manusia diperlukan. Tapi memang bakal banyak terjadi perubahan besar besaran nih di masa mendatang.

      Anyway, thanks for coming to my blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *