Jika Kamu Mati, Apa Yang Akan Terjadi Dengan Akun Facebookmu ?

Di era digital ini, jejak-jejak digital kita jelas tersebar nyata di semua media sosial. Foto, status, notes tulisan kita, itu semua adalah aset. Saya pernah iseng kepikiran kalau suatu saat nanti tiba hari H saya meninggalkan dunia, bagaimana kelanjutan nasib aset-aset digital tersebut ? Ini tentu pikiran aneh, tetapi itulah yang kita hadapi saat ini, dimana kehidupan kita tidak terlepas dari dunia sosial media. Sempat berpikir mau buat semacam surat yang isinya daftar semua akun sosial media, email, plus passwordnya yang bisa diakses oleh suami, demikian juga sebaliknya. Tetapi itu belum kesampaian, sampai beberapa waktu lalu saya melihat status teman di Facebook tentang adanya “LEGACY CONTACT.”

Olloww… saya baru tahu kalau Facebook itu ternyata punya fitur bernama “LEGACY CONTACT” yang bisa mengontrol akun setelah si empunya meninggal dunia. Hmm, sounds weird huh ? Rupanya Om Mark Zuckerberg tanggap terhadap permintaan orang-orang yang meminta ada tindakan penyelamatan akun keluarga / temannya yang sudah meninggal, jadi tidak dibiarkan mengikuti si pemiliknya, mati begitu saja.

Fitur ini ternyata sudah ada sejak dua tahun lalu. The Guardian sudah pernah menuliskan tentang hal ini. Jadi setting ini memungkinkan anggota keluarga / teman yang terpercaya untuk punya akses  mengelola akun si almarhum.  Orang yang ditunjuk sebagai Legacy Contact itu berkesempatan memposting satu status terakhir mewakili si pemilik akun. Legacy Contact juga bisa mengatur pertemanan, mengupdate cover, foto profile, dan archive content. Bahkan mereka juga mendownload semua postingan dan foto dari pemilik akun. AKAN TETAPI, mereka tidak bisa akses ke private message, dan tidak bisa mengubah apapun yang sudah diposting di Facebook.

Kehadiran fitur ini diatur dengan sangat ketat. Facebook hanya membolehkan satu orang saja yang ditunjukan sebagai Legacy Contact. Ini berarti jika kita mempercayakan suami / istri / pasangan kita sebagai Legacy Contact, dan amit-amit jabang bayi, terjadi kecelakaan yang menewaskan bersama, Legacy Contact otomatis akan hilang.

Cara Melakukan Seting Legacy Contact:

  1. Klik Settings di posisi kanan atas Facebook.
  2. Pada General Account Settings, klik Manage Account.
  3. Pilih Legacy Contact. Ketik nama yang akan ditentukan sebagai Legacy Contact.
  4. Nanti akan ada message kepada akun yang dipilih, yang isinya sudah otomatis tertulis sbb :

Hi XX,

Facebook now lets people choose a legacy contatc to manage their account if something happens to them.  Since you know me well and I trust you, I chose you. Please let me know if you want to talk about this.

Tidak terbayang gimana kagetnya nanti pasangan / teman yang ditunjuk saat menerima message ini. Again, it sounds weird huh. But this is how we deal with in the digital age, rite ?

Jadi sudahkah Anda menyiapkan Legacy Contact  ?

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *