Islam Tuhan Islam Manusia (Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau)

Inilah buku yang menemani saya di hari-hari penghujung Ramadhan 1438 H kemarin. Buku Islam Tuhan Islam Manusia (Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau) karya Haidar Bagir. Saya selalu terkesan dengan buku buku Pak Haidar, di mana ada benang merah yang terhubung antara satu buku dengan buku yang lain, yaitu rasa adem setiap membaca isinya, sikap down to earth dalam diksinya. Dan ini teradiasi ketika bertemu langsung dengan beliau.

Menyuplik tulisan Pak Wahyudi Akmaliah, peneliti di LIPI, buku ini mengajak kembali melihat penafsiran teks-teks Islam yang lebih terbuka, menanamkan nilai-nilai kemoderatan Islam, menguatkan kembali dialog antar agama sebagai bagian dari kekayaan peradaban, dan mempertautkan Islam dan Budaya Lokal. Menurut saya buku ini tidak hanya untuk muslim, tapi layak dibaca oleh non muslim yang ingin tahu sisi ramah dan indahnya Islam.

Oya buku ini menandai usia Pak Haidar Bagir yang ke-60. Sehat terus ya Pak. Indonesia masih membutuhkan ulama dan cendekia muslim seperti Bapak.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *